Bersama Muspika Sumberjambe, Dandim 0824/Jember Cek Perkembangan Gunung Raung

Bersama Muspika Sumberjambe, Dandim 0824/Jember Cek Perkembangan Gunung Raung

JEMBER - Perkembangan aktivitas sejak 21/01/2021 oleh Berdasarkan Surat Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral RI Badan Geologi nomor: 16.lap/GL.05/BGV/2020 tanggal 21/01/2021 tuang ditanda tangani Kepala Badan Geologi dan Pusat Vulkanologi Kasbani,   tentang pemberitahuan kenaikan level Gunung Raung, dari normal (level - I) menjadi Waspada (Level-II), yang di dasarkan atas hasil pengamatan selama beberapa hari terhadap aktivitas kawah oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA).

Terkait hal tersebut, dalam rangka mengetahui lebih detail perkembangan yang terjadi, Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, turun ke lapangan pada Senin 25/01/2021, untuk melihat secara langsung bersama Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Sutikno, Administratur Perhutani Jember  Rukman Supriatna, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Sumberjambe Heri S, Camat Sumberjambe, Kapolsek dan Danramil 0824/05 Sumberjambe Lettu M Hari Yuwono.

Sebelum turun ke lapangan, Dandim 0824/Jember transit di Makoramil 0824/05 Sumberjambe, dan menerima paparan dari Danramil, terkait perkembangan aktifitas vulkanik Gunung Raung, serta dampak yang ditimbulkan apabila meletus.

Selanjutnya dalam arahannya Dandim 0824/Jember terkait perkembangan vulkanik Gunung Raung dari kondisi normal (level I) naik ke kondisi Waspada (Level II) tersebut diantaranya, agar mensosialisasikan kepada warga yang terdampak, berikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang titik evakuasi dan jalur evakuasi, pengamanan Personil (Apkam dan Warga masyarakat) dan juga Pengamanan Materiil (Harta benda warga masyarakat) pada saat evakuasi.

Langkah-langkah tersebut lakukan perencanaan kegiatan antisipasi dengan simulasi bencana di dekat Desa terdampak, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya. Kata Dandim 0824/Jember.

Selanjutnya Dandim 0824/Jember beserta seluruh hadirin melaksanakan pengamatan langsung dilapangan yaitu Desa yang terdampak langsung Ds. Gunungmalang menuju Dsn. Gayasan, Dsn. Paleran dan Ponpes As Syifa Ds. Cumedak dalam rangka memantau langsung perkembangan aktifitas dari lantai dua poindok tersebut.

Sayangnya pada saat tersebut pandangan fisik Gunung Raung terhalang oleh hamparan awan yang diperkirakan muntahan asap panas gunung tersebut.  Kata Lettu Inf M Hari Yuwono yang terus mendampingi kegiatan tersebut.  (Siswandi)

 

Jember Jatim
Siswandi

Siswandi

Next Article

Di Jam Komandan, Dandim 0824/Jember Motivasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Asridal verified

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 45

Postingan Tahun ini: 549

Registered: Jan 23, 2021

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 34

Postingan Tahun ini: 652

Registered: Jan 25, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 164

Registered: Feb 4, 2021

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 138

Registered: Jan 21, 2021

Profle

Aleks Waine

PSDKP Selayar Serahkan 4 Orang Pelaku Bom Ikan ke Kejari
Kades Hurun Caci Maki Wartawan Saat Konfirmasi Dana Desanya
Proyek Pengendalian Banjir di Sungai Bottoe Barru Diduga Gunakan Material Ilegal
Polemik Pelangsir BBM di SPBU Luwu Utara, Karemuddin : Mereka Penolong Bukan Rampok

Follow Us

Recommended Posts

Irdivif 2 Kostrad Hadiri Acara Video Conference Taklimat Awal Current Audit Itkostrad di Gedung Sandoyo Madivif 2 Kostrad 
Menteri Pertanian Kunjungi Kota Batu
Satnarkoba Polres Pasuruan Berhasil Amankan 2 Tersangka Narkoba Jenis Sabu Sabu 2 kg 
Safari Tahajud Dandim 0824/Jember di Masjid Al Ihklas, Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Prokes dan Sukseskan Vaksinasi
420 Vaksin Sasar Pelajar SMPN 7 Jember, Oleh Sebuan Vaksin Kodim 0824/Jember